Berita

Workshop Literasi Menulis

Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun sayangnya tidak banyak orang yang menyadari kelebihan yang di milikinya, sehingga potensi itu tidak bisa dioptimalkan dengan sebaik mungkin. Salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh manusia adalah kecerdasan Verbal Linguistik di mana kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan menggunakan bahasa yang baik dalam bertutur kata dan menulis sehingga sangat mudah menyalurkan ide-ide yang ada pada dirinya lewat kata-kata atau tulisan.



Saat ini banyak orang menyalurkan ide-idenya melalui tulisan, meski tampaknya mudah dibaca dan dipahami, namun banyak kesalahan dalam teknik penulisannya. Tentu saja, karena menulis tidak bisa dilakukan sembarangan, tetapi butuh keterampilan dan keahlian. Untuk mengetahui cara menulis yang baik dan benar, bisa dilakukan melalui pelatihan, workshop atau mengikuti seminar tentang bagaimana menulis dengan baik.

Oleh karena itu, untuk memfasilitasi para penulis agar bisa mengetahui dan dapat menulis dengan baik, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Workshop Literasi Menulis sebagai bagian dari Advokasi untuk penguatan Komunitas Literasi Sekolah.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas Lapak Literasi BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2022 bertempat di Aula Sipurio BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 117 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Pustakawan, Siswa, BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan, BBGP Provinsi Sulawesi Selatan, BPMP Provinsi Sulawesi Barat dan Pemerhati Menulis dari beberapa kabupaten/kota yaitu Kota Makassar, Kota Parepare, dan Kabupaten Wajo.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wita tersebut dibuka oleh Kepala BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Imran, S.Kom., M.T., dalam arahannya beliau mengajak kita untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, belajar dan terus berlatih agar nantinya bisa menghasilkan karya yang baik untuk dipublikasikan. Setelah arahan dari Kepala BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Materi oleh Narasumber.

Kegiatan ini menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Prof. Moch. Khoiri, seorang penulis yang sudah menghasilkan karya 70 buku dan beliau juga merupakan Dosen UNESA Surabaya, dan Dr. Daswatia Astuti Dachlan yang juga seorang penulis dan Kepala P4TK Matematika Yogyakarta periode 2017-2021.


Dalam penyajian materi, kedua narasumber membawakan materi secara bergantian. Materi yang disajikan antara lain menulis Bahasa dan Nalar, Menulis Perjalanan atau Traveling Writing, Menulis Catatan Harian dan Menulis Opini. Kedua Narasumber sangat interaktif dalam menyajikan materi, sangat kelihatan keprofesionalan masing-masing sehingga seluruh peserta dapat menikmatinya kegiatan hingga berakhir pada pukul 17.00 wita.

Kegiatan Workshop Literasi Menulis dilaksanakan dengan beberapa tujuan yaitu meningkatkan pemahaman komunitas literasi sekolah (kepala sekolah, guru, pustakawan sekolah dan siswa), meningkatkan kemampuan komunitas literasi sekolah dalam menulis perjalanan,  menulis catatan harian, dan menulis opini, dan menyusun buku sebagai produk pelatihan  ini,  baik buku mandiri maupun buku antologi.

Beberapa harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar komunitas literasi sekolah mampu memahami dan mampu menulis perjalanan, menulis catatan harian dan menulis opini, dan pembuatan buku antologi sebagai produk pelatihan menulis setiap jenjang (Paud, SD, SMP, SMA dan SMK) yang akan di lauching pada Hardiknas 2 Mei 2023.

Semoga dengan adanya workshop penulisan ini bisa memberikan pengetahuan, melatih untuk memiliki semangat menulis, serta menjadi salah satu langkah untuk memperkaya penulisan bagi para peserta workshop. (SQ)