Berita

Seminar Sehari Peran Dan Program UPT Kemendikbudristek Provinsi Sulawesi Selatan

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sulawesi Selatan dan Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV-KPTK) Gowa melaksanakan seminar sehari tentang peran UPT Kemendikbudristek Provinsi Sulawesi Selatan dengan tema Asesmen Nasional dan Tindak Lanjut Menuju Otomasi Rekomendasi PBD untuk perencanaan BOS/BOP 2023.

Seminar yang dilaksanakan atas kolaborasi 3 UPT Kemendikbudristek tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 23 September 2022 bertempat di Aula Sipurio BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan seminar yang juga dilaksanakan secara live melalui kanal youtube bbpmpsulsel tersebut dihadiri 270 orang peserta yang terdiri dari unsur guru dan kepala sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK dari Kota Makassar dan Kabupaten Gowa termasuk internal dari 3 UPT pelaksana.


Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang dari tiga kepala UPT Kemendikbudristek yakni  Kepala BBPMP Prov. Sulsel, Kepala BBGP Prov. Sulsel dan Kepala BPPMPV KPTK Gowa kemudian dilanjutkan dengan paparan dari pihak eksternal antara lain Polda Sulawesi Selatan diwakili oleh Kombespol Dody Rahmawan, S.IK, yang menyampaikan tentang bahaya narkoba dan kondisi peredaran narkoba di Sulawesi Selatan. Pihak Polda Sulsel juga memasang banner di area sekitar aula Sipurio untuk ditandatangani sebagai bentuk komitmen untuk sama-sama mendukung pemberantasan narkoba di Wilayah Sulawesi Selatan. Sementara dari pihak P.T. Telkom Indonesia diwakili oleh solution PT.Telkom Indonesia wilayah Makassar, pihak Bank Mandiri cabang Hertasning dihadiri oleh ibu Ismahtan dan dari pihak Penerbit Erlanga diwakili oleh pimpinan Cabang Erlangga wilayah Sulawesi Bapak Ismail yang membahas tentang perpustakaan digital.

Materi tentang Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan disampaikan oleh Kepala BBPMP Provinsi Sulsel Bapak Imran, S.Kom., M.T. yang dipandu oleh moderator Bapak Drs. Darwis Sasmedi, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan talkhow dari 2 narasumber yakni Dr. Endang Asriyanti dan Drs. Andi Iskandar yang dipandu oleh moderator ibu Fahrawaty, M.Ed.

Paparan panel juga dilaksanakan untuk tiga pejabat narasumber yang dipandu oleh Ibu Rahmaniar, S.Pd., M.Pd. Paparan pertama disampaikan oleh Kepala BBGP Provinsi Sulsel Bapak Dr. Arman Agung , M.Pd. yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Merdeka Belajar, kemudian dilanjutkan oleh Kabag Umum BBGP Provinsi Sulsel, Bapak Drs. Harisman dengan materi Paradigma Baru dalam Pembelajaran dan paparan terakhir disampaikan oleh Kepala BPPMPV KPTK Gowa Bapak Dr. Rusdi, M.Pd. tentang SMK PK. 


Secara keseluruhan acara berlangsung meriah, peserta antusias bertanya pada narasumber. Selain itu peserta juga senang dan bersemangat karena disetiap sesi setiap penanya mendapatkan hadiah dan goodybag dari masing-masing penyaji pihak eksternal. (SQ)