Berita

Seleksi Awal Calon Penyusunan Strategi Pengembangan SBSNP

Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan merupakan langkah implementatif penjaminan mutu di tingkat sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang kemudian berdampak pada kualitas lulusan yang dihasilkan.

Walaupun masih banyak sekolah di Provinsi Sulawesi Selatan yang berada pada kategori capaian di bawah SNP, jumlah sekolah sasaran yang akan dibina untuk menjadi model sekolah berbasis SNP hanya sebanyak 12 sekolah. Pemilihan sekolah tersebut berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, dengan kriteria utama yaitu komitmen pemerintah kabupaten/ kota dan sekolah sasaran untuk melaksanakan dan menjamin keberlangsungan pelaksanaan pengembangan Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan (SBSNP). Terbatasnya jumlah sekolah yang akan menjadi sasaran model SBSNP menjadi sebab penting pelaksanaan seleksi awal calon kabupaten/ kota dan sekolah sasaran SBSNP sebagai langkah awal penjaminan mutu pendidikan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah pemilihan sekolah-sekolah berbasis standar nasional pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.


Kegiatan Seleksi Awal Calon Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan bertujuan untuk memilih kabupaten/ kota serta sekolah-sekolah yang akan dijadikan sasaran implementasi sekolah berbasis SNP tahun 2014 sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28  s/d 30 Mei 2014, bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Jl. A. P. Pettarani Makassar. Adapun hasil yang dicapai adalah terpilihnya tiga kabupaten/ kota serta  12 (dua belas) Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada kabupaten/ kota terpilih yang akan menjadi sasaran implementasi sekolah berbasis SNP.