Berita

Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Berlangsung Meriah di BBPMP Sulawesi Selatan

Makassar, 22 Februari 2024 - Salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tengah tantangan pandemi adalah Program Kampus Mengajar yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Di Provinsi Sulawesi Selatan, Unit Pelaksana Teknis Balai Besar Pengembangan Media Pendidikan (UPT BBPMP) menjadi pelaksana kegiatan ini yang kini sudah mencapai angkatan ke-7.

Acara pembukaan Program Kampus Mengajar Angkatan 7 dilaksanakan dengan meriah di Aula Sipurio dan Aula Gedung Pendidikan BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Seremonial pelepasan dan pendampingan Program Intervensi Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran menjadi sorotan utama dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Hum., Tim Kemendikbudristek, menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa yang terlibat dalam program ini. Ia mengungkapkan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya pemulihan pembelajaran akibat learning loss selama pandemi COVID-19. Program Kampus Mengajar memberikan penugasan kepada mahasiswa untuk mengajar di berbagai pelosok Indonesia, sekaligus memberikan mereka pengalaman mengajar yang berharga.

Dr. Abdul Halim Muharram juga menyoroti keberhasilan program ini yang tercapai melalui kolaborasi positif antara Tim Program Kampus Mengajar, mahasiswa, dosen, sekolah, dan pihak terkait lainnya. Ia menekankan pentingnya komunikasi yang baik untuk mencapai tujuan bersama, yaitu peningkatan kualitas pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Rudi yang mengawal pelaksanaan kegiatan memberikan pembekalan, menekankan bahwa Program Kampus Mengajar bertujuan untuk melakukan pemulihan dan transformasi pembelajaran literasi dan numerasi. Mahasiswa diberi tanggung jawab untuk mendampingi dan menfasilitasi guru dalam menciptakan variasi strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.


Sementara itu, Kepala BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Imran S.Kom., M.T., menyatakan keberhasilan program ini berkat sinergi yang baik antara BBPMP, Dinas Pendidikan, dan mitra lainnya. Fokus pemulihan pembelajaran difokuskan pada peningkatan literasi dan numerasi, yang tercermin dalam hasil Asesmen Nasional.

Sharing session di acara tersebut menunjukkan antusiasme para peserta, termasuk apresiasi terhadap kebijakan Kemdikbudristek dalam implementasi Program Kampus Mengajar. Para peserta juga menyampaikan harapan agar mahasiswa dapat mensosialisasikan program ini secara lebih baik di sekolah penugasan.

Pada sesi lainnya, Kepala Sekolah SMPN 24 Kota Makassar menyoroti pentingnya sosialisasi Program Kampus Mengajar kepada kepala sekolah agar mahasiswa dapat berkolaborasi dengan baik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Sejumlah saran dan tanggapan dari peserta, termasuk Sekertaris Dinas Pendidikan Kab. Pangkep dan Sekertaris Dinas Pendidikan Kab. Jeneponto, juga mengemuka, mencerminkan kebutuhan akan koordinasi yang lebih baik antara mahasiswa, sekolah, dan pihak terkait lainnya.


Acara berlangsung dengan sukses, menunjukkan keseriusan pemerintah dan seluruh stakeholder dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui Program Kampus Mengajar.

Publikasi dan Komunikasi
Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan

Laman: bbpmpsulsel.kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/bbpmpsulsel
Instagram: instagram.com/bbpmpsulsel
Facebook: facebook.com/bbpmpsulsel 
Youtube: bbpmpsulsel
Pertanyaan dan Pengaduan: Unit Layanan Terpadu (081144609000)