Berita

PERINGATAN HARI GURU NASIONAL 2022

Setiap tahunnya Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November ini bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Lahirnya Hari Guru Nasional dilatarbelakangi oleh PGRI di mana pada tanggal 24-25 November 1945, terdapat kongres yang menjadi tempat berkumpulnya para guru untuk berjuang mempertahankan pendidikan Indonesia di tengah penjajahan. Sejak adanya kongres tersebut, semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu dalam satu wadah PGRI.

PGRI memegang peranan penting dalam perjuangan nasib guru sejak masa penjajahan Belanda. Tak hanya itu, PGRI juga turut berperan dalam perjuangan nasional kemerdekaan Indonesia. Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional.

Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022.

Sebagai UPT Kemendikbudristek, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulawesi Selatan turut memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022 dengan menggelar upacara di halaman kantor BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Upacara yang bertemakan “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar” tersebut dimulai pada pukul 07.30 Wita dan diikuti oleh ASN dan tenaga honorer BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan dengan menggunakan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah.

Kepala BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan, Imran, S.Kom., M.T.yang bertindak sebagai pembina upacara pada kesempatan tersebut menyampaikan sambutan Mendikbudristek. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kita harus berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan.


Lebih lanjut disampaikan bahwa bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah, tetapi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.

Selain itu, dalam sambutan tersebut juga disampaikan tentang Platform Merdeka Mengajar, Program persiapan calon guru masa depan melalui transformasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dan  prioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).


Pelaksanaan peringatan upacara bendera Hari Guru Nasional tahun 2022 berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan harapan bersama. Tepat pukul 07.55 Wita upacara berakhir dan dilanjutkan penyerahan SK kenaikan pangkat bagi beberapa ASN kemudian setelahnya melaksanakan foto bersama dengan latar spanduk peringatan Hari Guru Nasional 2022.

Terima Kasih Guruku, Kami Bangga Memilikimu.

(SQ)