Berita

PENINGKTAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V SD KARTIKA XX-1 KOTA MAKASSAR

PENINGKTAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI


MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V SD KARTIKA XX-1 KOTA MAKASSAR

Syahrun

Kepala SD Kartika XX-1


Abstrak:. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Berbasis masalah, dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar IPA kelas V SD Kartika XX-1 Kota Makassar dapat ditingkatkan melalui penerapan Berbasis masalah.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD  Kartika XX-1 dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 18 orang perempuan dan 16 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan mengevaluasi hasil belajar, melalui tes tertulis. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 58,25 dan pada siklus II sebesar 80,45. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar.

Kata kunci: Hasil belajar, Penerapan berbasis masalah