Berita

PELATIHAN PENGAWAS DAN PETUGAS PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan upaya untuk menggerakkan seluruh elemen yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah secara sistematis, terencana dan berkelanjutan. Penjaminan Mutu Pendidikan dapat dilihat sebagai sebuah siklus yang dimulai dari pemetaan mutu, penyusunan rencana peningkatan mutu, pelaksanaan rencana, dan monitoring/evaluasi pelaksanaan rencana yang bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) dalam mewujudkan tujuan tersebut di atas mengupayakan agar Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan dalam kerangka pelaksanaan tugas dan fungsinya bisa melakukan pembinaan yang sistematis dan terarah untuk peningkatan mutu pendidikan di 24 kabupaten/ kota. LPMP Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengawas dan Petugas Pemetaan Mutu Pendidikan untuk mempersiapkan pengawas dan petugas pemetaan mutu pendidikan Tahun 2016, dengan harapan seluruh satuan pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan dapat terpetakan mutunya mulai Tahun 2016.

Pelatihan ini juga merupakan media antara LPMP dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk memantapkan program dan kegiatan yang telah disusun di tahun 2016 khususnya terkait pemetaan mutu satuan pendidikan, sehingga tercipta kesamaan visi dalam menjalankannya. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada peserta tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, Kuesioner PMP, dan Aplikasi PMP. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak empat tahap dari tanggal 11 s.d. 27 Agustus 2016 dengan peserta pengawas dari 24 Kab/Kota di Sulawesi Selatan.

Pembagian peserta pertahap sebagai berikut :

Dari jumlah peserta yang diundang sebanyak 900 pengawas sampai kegiatan berakhir peserta yang hadir hanya 840 orang, 60 orang peserta tidak dapat menghadiri kegiatan ini karena sakit, bertepatan dengan kegiatan lain, dan adapula yang tidak mendapat kendaraan laut untuk sampai ke daratan karena tempat tinggal berada di pulau terpencil.

Harapan yang telah dicapai pada kegiatan ini adalah pengawas sekolah dan petugas pemetaan mutu pendidikan (PMP) kab/kota telah mengetahui dan memahami tentang kebijakan LPMP terkait Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, memahami peran dan tanggung jawab terhadap proses penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah khususnya dalam melaksanakan Pemetaan Mutu Pendidikan, dan para pengawas telah memiliki kapasitas dalam memberikan bimbingan Pemetaan Mutu kepada satuan pendidikan di daerah masing-masing.

Koordinasi tetap dilakukan oleh para pengawas sebagai petugas PMP dengan pihak LPMP Sulawesi Selatan agar mengkomunikasikan segala permasalahan di daerah mereka untuk mencari solusi bersama demi mencapai kesuksesan dalam mengemban tugas negara dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu untuk seluruh peserta didik di Provinsi Sulawesi Selatan.

                                                                                                                                                Nursaidawaty A.