Berita

Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional Jenjang Sekolah Dasar

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu unit pelaksana teknis di tingkat daerah memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat penting didalam berbagai kebijakan Kementerian Pendidikan khususnya dalam mengawal kebijakan pelaksanaan Asesmen Nasional termasuk dalam hal upaya mempersiapkan pelaksanaan ANBK dengan baik termasuk pelaksanaan Simulasi oleh satuan Pendidikan.

Maksud dan tujuan kegiatan selain memberikan penguatan dengan mendampingi satuan Pendidikan juga untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional jenjang SD di 24 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan Tahun 2022 apakah telah mengikuti atau sesuai dengan Standar Prosedur Operasional dan petunjuk teknis (juknis) yang telah ditetapkan. Pelaporan hasil kegiatan Pelaksanaan Pendampingan Satuan Pendidikan dalam Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional  jenjang SD  akan disampaikan kepada pelaksana tingkat pusat dan menjadi bahan pertimbangan perbaikan penyelenggaraan dan pelaksanaan AN pada masa akan datang.

Sasaran kegiatan Pelaksanaan Pendampingan Satuan Pendidikan dalam Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional Jenjang SD ini adalah satuan pendidikan pelaksana Simulasi Asesmen Nasional secara mandiri atau mandiri ditumpangi yang terdiri dari 8 (delapan) Satuan pendidikan jenjang SD yang dipilih secara acak yang mewakili sekolah di 4 (empat) kecamatan yang berbeda di 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Kegiatan Pelaksanaan Pendampingan Satuan Pendidikan dalam Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional jenjang SD di 24 Kabupaten/kota se- Sulawesi Selatan dilaksanakan pada hari Senin s.d. Rabu tanggal 26 s.d. 28 September 2022 dengan mengambil sampel sekolah mewakili 4 (empat) kecamatan yang ada di kabupaten/kota. Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini BBPMP provinsi Sulawesi Selatan juga menggandeng UPT kemendikbudristek lainnya yaitu Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sulawesi Selatan dan Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) Provinsi Sulawesi Selatan sebagai bentuk kolaborasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan satuan Pendidikan. (Syamsuddin Muhiddin)