Berita

Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis PPGJ dan Pembekalan Operator Pengelolaan Informasi Tahun Anggaran 2015

Tujuan Sertifikasi Guru Melalui PPGJ adalah :

  1. Untuk menghasilkan guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran;
  2. Mampu menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik;
  3. Mampu melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan; dan
  4. Mampu membimbing peserta didik menjadi pembelajar yang baik.

Ulasan di atas menerangkan sebagian kecil tentang materi yang di sampaikan oleh ibu Dra. Santi Ambarrukmi, M.Ed dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMK-PMP) Jakarta, pada kegiatan Rapat Koordinasi Teknis PPGJ yang dilaksanakan di LPMP Sulawesi Selatan Jl. A.P. Pettarani, pada tanggal 25 s.d. 26 Februari 2015 yang dirangkaikan dengan kegiatan Pembekalan Operator Pengelolaan Informasi Tahun 2015 yang dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 27 Februari 2015.

Para peserta yang ikut pada kegiatan ini adalah peserta Rakortek PPGJ yaitu 86 orang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan, Penanggung Jawab Sertifikasi dari 24 kab/kota dan peserta LPMP sebanyak 38 orang. Untuk peserta Pembekalan operator pengelolaan informasi yaitu 50 orang terdiri dari pengelolah data dari dinas pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 2  orang, dan 2 pengelolah data  dari 24 kab/kota di provinsi sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan LPMP Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan pelaksanaan, persyaratan penetapan peserta PPGJ tahun 2015 dan terpetakannya jadual rangkaian pelaksanaan kegiatan PPGJ yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kab/Kota Provinsi Sulawesi Selatan agar disampaikan kepada guru-guru dan masyarakat yang ada di kab/kota masing-masing. Dan para operator mampu memaksimalkan penggunaan aplikasi PADAMU untuk pengolahan data PTK guna menghasilkan informasi untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan tahun 2015 dan membekali pengelola data di kab/kota dengan keterampilan untuk menyusun laporan profil pendidikan kab/kota masing-masing. (Nursaidawaty A.)