Berita

Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan selama 3 hari dari tanggal 7 sd. 9 November 2022 bertempat di Hotel Gammara Makassar. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dimaksudkan untuk melakukan evaluasi terhadap standar pelayanan yang ada. Melalui forum konsultasi publik ini, BBPMP mengajukan konsep standar pelayanan untuk diselaraskan dengan kebutuhan pengguna layanan. Sejumlah perwakilan masyarakat yang turut hadir adalah Mitra Pembangunan, TVRI, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, Komunitas/Organisasi Pendidikan, Perwakilan Unit Pelaksana Teknis Kemendikbudristek di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan,  Dinas Pendidikan Prov.Sulsel, Dinas Pendidikan Kota Makassar, dan Perwakilan Kepala Sekolah Penggerak Jenjang Pauddasmen di Kota Makassar. 

Kegiatan Forum konsultasi publik dibuka oleh Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Imran,S.Kom.,M.T. Dalam arahannya, BBPMP siap melaksanakan pelayanan yang bersih, siap berkolaborasi dan melayani para pemangku kepentingan dalam kaitannya untuk meningkatkan mutu Pendidikan di wilayah provinsi Sulawesi Selatan.

Sejumlah agenda dilaksanakan pada kegiatan forum konsultasi publik. Kepala BBPMP menjelaskan tugas dan fungsi BBPMP sulsel setelah berubah nama organisasi dari LPMP. Selain itu, pelaksanaan reformasi birokrasi internal (RBI) di satker BBPMP juga dipaparkan oleh Ketua RBI, Ibu Hj.Endang Asriyanti.,M.Hum. Pelaksanaan RBI sangat mendukung terlaksananya pemberian pelayanan publik yang berkualitas kepada pengguna layanan.

Diskusi forum konsultasi publik dipimpin oleh Kepala Bagian Umum, Bapak Dr.Muhammad Anis.,M.Si. Berdasarkan hasil diskusi diperoleh kesepakatan bahwa dalam rangka mendukung persamaan hak bagi setiap warga dalam memperoleh pelayanan publik, maka BBPMP siap menyediakan fasilitas pendukung bagi penyandang disabilitas . Selain itu, telah ditetapkan 4 jenis standar pelayanan yakni standar pelayanan informasi, standar pelayanan peminjaman fasilitas, standar pelayanan Kerjasama dan standar pelayanan pengaduan. Keempat jenis layanan ini dapat diakses melalui pinisi.lpmpsulsel.net atau pertemuan tatap muka dengan Unit Layanan Terpadu BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada akhir kegiatan, Kepala BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan membacakan maklumat pelayanan bahwa BBPMP sanggup menyelenggarakan pelayanan publik sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. (Indah Mayasari)