Diskusi diawali perkenalan oleh moderator dan dilanjutkan pemaparan tentang Tugas Pokok dan Fungsi LPMP oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan. Kerjasama diciptakan dengan P4TK yang berhubungan dengan kebutuhan pendidikan di Sulawesi Selatan, jika masih ada guru yang belum melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 jurusan Matematika maka ada P4TK Matematika yang bersedia menjalin kerjasama membangun mutu guru dibidang Matematika, begitu pula dengan P4TK Bahasa Indonesia dan bidang studi lainnya, bukan hanya P4TK tapi beberapa perguruan tinggi di Sulawesi Selatan pun terbuka untuk guru-guru melanjutkan jenjang pendidikannya menjadi S1 karena sudah menjadi keharusan seorang guru memiliki kualifikasi S1, salah satu paparan Kepala LPMP Sulawesi Selatan.
Kegiatan diskusi ini mengangkat beberapa masalah dan solusi yang dikemukakan oleh pembicara dan peserta antara lain masih ada 10 % guru yang belum berkualifikasi pendidikan S1, masih banyak sekolah yang belum terakreditasi, jumlah data guru di Sulawesi Selatan beragam, sertifikasi guru tidak mencukupi guru dalam meningkatkan kualifikasinya, data tentang penyaluran dana pendidikan dari IGI tidak sinkron dan kurangnya koordinasi antara PGRI, Dewan Pendidikan, PT, Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kab/Kota. Tersedianya kemudahan peningkatan kualifikasi pendidikan S1 di Universitas Bosowa Makassar, Bukopin bekerjasama dengan PGRI untuk melakukan ibadah umroh bagi guru, banyak kegiatan diklat yang ditawarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi untuk guru, data tidak akurat karena tidak semua sekolah bisa melakukan pengiriman data secara online.
Dari pemaparan masalah dan pemecahannya di atas menunjukkan bahwa inti permasalahannya adalah kurangnya koordinasi dari semua pihak yang berkaitan dengan pendidikan di Sulawesi Selatan, pada satu pihak mengalami masalah sedangkan pihak lain sebenarnya menawarkan jalan keluar dari permasalahan tersebut hanya tidak adanya komunikasi yang efektif diantaranya. Harapan dari kegiatan ini adalah : Kegiatan diskusi ini harus berlanjut siapapun penyelenggaranya, Indeks integritas UN adalah Pengetahuan dan Moral, Tim Pengembang / Tim Penjaminan Mutu di sekolah perlu dikembangkan, program-program bersinergi masing-masing instansi pendidikan untuk mengembangkan pendidikan dikoordinasikan ke pihak yang terkait, meningkatkan profesionalisme guru melalui KKG, MGMP, dan lain-lain.
(Nursaidawaty A.)