Berita

Diklat Perencanaan dan Pengembangan Karir PNS LPMP Sulawesi Selatan

Salah satu narasumber, bapak Drs. Suyadi, M.Ed Setditjen Dikdasmen mengatakan bahwa pegawai yang akan melanjutkan pendidikan hendaknya memperhatikan integritas dari Universitas yang akan dijadikan tempat belajar dan segera mengurus surat ijin belajar atau tugas belajar. Begitu pula dalam bekerja hendaknya bekerja dalam satu tim yang solid, ketika salah satu teman tidak bisa hadir dan sementara sedang mengerjakan suatu pekerjaan maka rekan satu timnya yang harus membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut sehingga tidak ada penundaan pekerjaan dan pelayanan pun tetap berjalan dengan baik. Absensi dilengkapi dengan baik dan diberengi dengan kinerja yang baik pula, tidak hanya datang pagi dan sore saja istilahnya 704 datang pukul 7 pagi siang menghilang dan datang kembali pada pukul 4 sore untuk ceklok, namun memaksimalkan kinerja dari jam 7.30 sampai dengan 16.00 setiap hari.  


Para peserta diberikan pengetahuan tentang Manajemen SDM Strategik dan Manajemen Karir berdasarkan UU ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance) serta mewujudkan pelayanan publik yang baik, efisien, efektif dan berkualitas tentunya  perlu didukung adanyan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional, bertanggungjawab, adil, jujur dan kompeten dalam bidangnya. Dengan kata lain, PNS dalam menjalankan tugas tentunya harus berdasarkan pada profesionalisme dan kompetensi sesuai kualifikasi bidang ilmu yang dimilikinya.

Untuk mewujudkan SDM aparatur (PNS) yang profesional dan berkompetensi dengan pembinaan karir PNS yang dilaksanakan atas dasar perpaduan antara sistem prestasi kerja dan karir, maka pengembangan SDM aparatur berbasis kompetensi merupakan suatu keharusan agar organisasi (birokrasi) dapat mewujudkan kinerja yang lebih baik dan memberikan pelayanan publik yang terbaik.


Pengembangan karir yang dilaksanakan dan dikembangkan pada SDM aparatur (PNS) adalah melalui pembinaan karir dan penilaian sistem prestasi kerja. Sistem karir pada umumnya melalui kenaikan pangkat, mutasi  jabatan serta promosi. Pengembangan karir bukan sekedar promosi ke jabatan yang lebih tinggi, melainkan pegawai mengalami kemajuan dalam bekerja, adanya kepuasan dalam jabatan yang dipercayakan serta meningkatnya keterampilan pegawai.

Selain UU ASN para peserta juga diajak oleh Praktisi Psikologi, ibu fauziah Zulfitri untuk meningkatkan motivasi kerja dan bersemangat dalam meraih prestasi dalam bekerja. Diperlukan tiga hal untuk memotivasi diri kita yaitu kekuatan untuk memotivasi diri kita, diperlukan tujuan dalam hidup kita, dan dilakukan secara terus menerus serta pantang menyerah dalam menghadapi kegagalan. “Anda tidak akan menjadi apa yang anda inginkan, jika anda tetap menjadi seperti yang sekarang....”, kata kuncinya adalah berubah. 

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini peserta pegawai LPMP Sulawesi Selatan dapat menambah pengetahuannya tentang UU ASN dan dapat mengembangkan karirnya sesuai dengan pola karir PNS yang berlaku serta meningkatnya motivasi kerja pegawai LPMP Sulawesi Selatan sehingga semakin terampil dan mampu melaksanakan segala tanggungjawabnya dengan baik.

(Nursaidawaty A.)