Berita

Analisis Hasil Focus Grup Discussion (FGD) dan Perancangan Model Penjaminan Mutu

Pengembangan model Penjaminan Mutu pendidikan merupakan salah satu tugas Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan searah dengan harapan dan kebijakan Kemendikbudristek tentang perlunya inovasi dalam pelaksanaan program termasuk dalam hal evaluasi sistem Pendidikan melalui perencanaan berbasis data. Sehubungan dengan hal tersebut BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan Analisis Hasil Focus Grup Discussion (FGD) dan Perancangan Model Penjaminan Mutu dilaksnakan hari Jumat-Sabtu/ 23-24 Desember 2022 bertempat di Aula III BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan kesimpulan hasil FGD terkait situasi, masalah dan tantangan satuan Pendidikan dalam menerapkan kebijakan Perencanaan Berbasis Data serta merumuskan rekomendasi dan tindak lanjut hasil FGD yang telah dilaksanakan pengambilan datanya pada satuan Pendidikan dan dinas Pendidikan  di dua kabupten kota terpilih yaitu kabupaten Takalar dan Kabupaten Soppeng.

Kegiatan ini pelaksanaannya dibuka dan ditutup secara resmi oleh kepala BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan bapak Imran, S.Kom., M.T yang didampingi oleh kabag umum bapak Dr. Muhammad Anis, M.Si.

Peserta keseluruhan berjumlah 45 orang terdiri dari Pejabat structural , fungsional Widyaprada dan Fungsional umum BBPMP Sulawesi Selatan dan BBGP Sulawesi Selatan,  korwas disdik provinsi Sulawesi Selatan, Korwas Disdik kabupaten Takalar dan Soppeng, pengawas SMA, pengawas SMP, pengawas SD dan Pengawas PAUD di dua kabupaten Takalar dan Soppeng.

Hadir sebagai narasumber Ahli adalah Prof. Dr. H. Ruslan, M.Pd (Dosen FMIPA UNM) dan Dr. Rusmayadi, M.Pd (Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UNM) menyajikan materi tentang Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif serta Analisis Data dan Penarikan Kesimpulan. (Syamsuddin Muhiddin)