Artikel

Profesionalisme Guru Indonesia Di Era Globalisasi

Untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia seperti yang kita harapkan dibutuhkan profesionalisme tenaga kependidikan khususnya guru. Profesionalsime guru dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor


Pengembangan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Klinik

  Supervisi klinik, diperkenalkan dan dikembangkan pertama kali oleh Morris L. Cogan, Robert Goldhammer, Richarct Weller, Acheson and Gall, dan Sullivan  di Universitas Harvard pada


Motivasi Dan Kepuasan Kerja Pengelolaan Sekolah

Terdapat beberapa teori motivasi: (1) Teori Harapan, antara lain: “Seseorang memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu atau bekerja guna mencapai tujuan karena percaya tentang manfaat atau


Sertifikasi Guru Melalui Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Tahun 2015

Alur pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015 ditunjukkan pada gambar berikut ini : Gambar : Alur Pelaksanaan Sertifikasi Guru melalui PPGJ Penjelasan alur sertifikasi guru melalui


Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi

Dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran yang