Untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia seperti yang kita harapkan dibutuhkan profesionalisme tenaga kependidikan khususnya guru. Profesionalsime guru dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor
Artikel
Pengembangan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Klinik
Supervisi klinik, diperkenalkan dan dikembangkan pertama kali oleh Morris L. Cogan, Robert Goldhammer, Richarct Weller, Acheson and Gall, dan Sullivan di Universitas Harvard pada
Motivasi Dan Kepuasan Kerja Pengelolaan Sekolah
Terdapat beberapa teori motivasi: (1) Teori Harapan, antara lain: “Seseorang memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu atau bekerja guna mencapai tujuan karena percaya tentang manfaat atau
Sertifikasi Guru Melalui Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Tahun 2015
Alur pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015 ditunjukkan pada gambar berikut ini : Gambar : Alur Pelaksanaan Sertifikasi Guru melalui PPGJ Penjelasan alur sertifikasi guru melalui
Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi
Dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran yang