Artikel

Metode Garis: Cara Mudah Menyelesaikan Perkalian

Oleh Sitti Hajrah

PTP Pertama LPMP Sulsel

 

Banyak orang yang berpendapat bahwa matematika itu sulit. Namun pendapat itu memicu orang yang cerdas untuk menciptakan berbagai metode perhitungan dengan lebih mudah dan sederhana.  Salah satu metode perhitungan yang menarik dicermati adalah perkalian dengan “metode garis”. Perhitungan dengan metode ini mampu mengembangkan otak secara seimbang karena lebih mengedepankan “pemahaman” daripada “menghafal”.

Salah satu cabang matematika adalah berhitung. Meskipun merupakan cabang matematika, berhitung terdapat pada hampir semua cabang matematika seperti aljabar, geometri, dan statistika. Kemampuan numerik merupakan kemampuan melakukan pengerjaan operasi hitung atau berhitung. Kemampuan numerik meliputi kemampuan menjumlah, mengurang, mengali, membagi, serta memanipulasi bilangan dan simbol matematika. Knifong, Holton, dan Meyer (Fennema, 1981) menyatakan bahwa kemampuan numerik sangat penting dalam menyelesaikan soal cerita. Kemampuan numerik yang dimiliki siswa akan memberikan cara perhitungan yang cepat dan tepat dalam menyelesaikan soal matematika.

Matematika itu sulit? Wajar jika banyak orang mengatakan demikian, mengingat bahwa di masa lalu, mungkin kita memiliki kenangan buruk alias dapat nilai jelek saat mengikuti mata pelajaran ini di sekolah. Hehehe... Jangan khawatir, dari waktu ke waktu ternyata makin banyak orang cerdas yang terlahir di muka bumi ini yang menciptakan berbagai metode perhitungan dengan lebih mudah dan simpel.  Salah satu metode perhitungan perkalian ala Jepang yang sudah booming sejak beberapa tahun lalu adalah perkalian dengan 'metode garis'.

Ini adalah metode perhitungan manual. Alatnya cuma 2, yaitu pena dan kertas. Perhitungan dengan metode ini mampu mengembangkan otak secara seimbang karena lebih mengedepankan ‘pemahaman’ daripada ‘menghafal’. Bagi Anda yang masih kesulitan mengajarkan matematika untuk anak-anak di rumah, metode ini patut dicoba. Silahkan dimulai dari angka kecil terlebih dahulu.

Cara yang dilakukan adalah dengan membuat garis diagonal sebanyak digit angka pertama, digit angka kedua, dan seterusnya. Dilanjutkan dengan membuat garis diagonal berlawanan arah sebanyak digit angka pertama di pengali berikutnya, terus berlanjut pada digit-digit selanjutnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut:

 

Contoh 1.

kita akan menghitung nilai 32 x 4 =

Langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  1. Buat “5” buah garis lurus menyilang dari kiri bawah ke kanan atas secara terpisah yang mewakili angka 3 dan 2. Perhatikan gambar berikut:

 

  1. Buat “4” buah garis lurus yang menyilang garis sebelumnya dari arah kiri atas ke kanan bawah yang mewakili angka 4. Perhatikan gambar berikut

 

  1. Selanjutnya hitunglah jumlah titik-titik hasil perpotongan garis-garis tersebut. Titik-titik dibagi ke dalam 2 kelompok. Perhatikan gambar

 

  1. Diperoleh hasil 32 x 4 = 128

 

Contoh 2

Kita akan menghitung nilai 12 x 25 =

Langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  1. Buat “3” buah garis lurus menyilang dari kiri bawah ke kanan atas yang mewakili angka 1 dan 2. Perhatikan gambar berikut:

 

  1. Buat “7” buah garis lurus yang menyilang garis sebelumnya dari arah kiri atas ke kanan bawah yang mewakili angka 2 dan 5. Perhatikan gambar berikut

 

  1. Selanjutnya hitunglah jumlah titik-titik hasil perpotongan garis-garis tersebut. Titik-titik dibagi ke dalam 3 kelompok. Perhatikan gambar

 

  1. Jika diperoleh jumlah titik yang angkanya lebih dari satu digit, maka yang diambil dahulu adalah satuannya. Untuk puluhan dijumlahkan dengan angka di kelompok titik sebelumnya. Misalnya pada titik di kelompok ketiga diperoleh 10 titik, maka nilai “0” adalah angka pada jawaban, sedangkan angka “1” dijumlahkan dengan angka “9”, begitu seterusnya. Perhatikan gambar berikut

 

  1. Diperoleh hasil 12 x 25 = 300

 

Mari kita coba latihan berikut agar lebih paham

Contoh 3

Kita akan menghitung nilai 413 x 26 =

Langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  1. Buat “8” buah garis lurus menyilang dari kiri bawah ke kanan atas dalam “3” kelompok yang mewakili angka 4, 1 dan 3. Perhatikan gambar berikut:

 

  1. Buat “8” buah garis lurus yang menyilang garis sebelumnya dari arah kiri atas ke kanan bawah dalam “2” kelompok yang mewakili angka 2 dan 6. Perhatikan gambar berikut

 

  1. Selanjutnya hitunglah jumlah titik-titik hasil perpotongan garis-garis tersebut. Jumlahkan titik-titik yang segaris. Titik-titik dibagi ke dalam “4” Perhatikan gambar 
  2. Jika diperoleh jumlah titik yang angkanya lebih dari satu digit, maka yang diambil dahulu adalah satuannya. Untuk puluhan dijumlahkan dengan angka di kelompok titik sebelumnya. Perhatikan gambar berikut

 

  1. Diperoleh hasil 413 x 26 = 10738

Demikian cara menentukan hasil perkalian bilangan dengan menggunakan metode garis. Semoga bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu peserta didik dalam melakukan masalah-masalah yang berhubungan dengan operasi perkalian.

 

Daftar Pustaka

Fennema, Elizabeth. (1981). Mathematics education research: Implication for the 80’s. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

 

http://azmi648.blogspot.co.id/2014/10/perkalian-dengan-metode-garis.html .   diakses tanggal 11 Agustus 2017

https://www.facebook.com/andre.never.surender3/videos/10205580778463680/?hc_ref=ARTyW5hiaUxMtIBvJ1VZjEh-vQbBZ4i_zJiBx0YhQz_ZHF6dpPJPAwtS8sB61GNU1NM&pnref=story. video perkalian dengan sistem garis. Diakses tanggal 1 Agustus 2017