Artikel

“FESTIVAL ES PUTAR” PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SDN GADDONG 2 MAKASSAR; CATATAN PELATIH AHLI

Jauh sebelum es krim populer, es putar telah menjadi jajanan yang selalu dinantikan anak-anak, tidak hanya digemari anak-anak kampung, tetapi juga menjadi jajanan favorit di daerah perkotaan. Tidak terkecuali, diwilayah jalan Laiya Makassar yang terkenal sebagai daerah pusat perniagaan di Kota makassar. Bagi anak-anak Laiya, setiap hari mereka menyaksikan bahkan turut membantu orangtuanya membuat es putar, bahkan sesekali membantu menjual dan menjajakan ke pejalan kaki yang lewat. Dibalik rasanya yang menggugah selera, tahukah Anda bagaimana proses pembuatan es putar?

Empat orang perwakilan murid, bergantian mempresentsikan dengan begitu baik tahapan proses pembuatan es putar. Mereka juga menjelaskan tentang bagaimana proses perubahan wujud benda, bagaimana putaran kentong bisa menghasilkan energi untuk membekukan bahan sehingga menjadi es putar yang lezat. Mereka juga menjelaskan dengan baik tentang peran garam dalam mempercepat proses pembekuan.  Mereka belajar banyak hal dari proses pembuatan es putar. Pengetahuan tentang perubahan wujud benda yang mereka peroleh di bangku sekolah, kini dapat mereka saksikan dan alami secara langsung.

Peristiwa tersebut, terjadi di festival es putar yang dilaksanakan oleh salah satu sekolah penggerak di Kota Makassar. Festival es putar, demikian nama kegiatan pameran karya hasil proyek penguatan profil pelajar Pancasila SDN Gaddong 2 Makassar. Dalam Festival tersebut, anak-anak tidak hanya mempresentasikan proses pembuatan es putar, mereka juga menampilkan beberapa kegiatan seni. Para tamu dihibur dengan tampilan tarian murid, sambil menikmati sajian es putar yang lezat dan menggugah selera. Seluruh perangkat acara, dari MC, pemimpin lagu, hingga pembaca doa berasal dari murid kelas 1 dan 4, yang merupakan sasaran dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut.

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan salah satu ciri khas dari kurikulum sekolah penggerak. Pembelajaran berbasis projek untuk menguatkan Profil  Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada  siswa untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses  penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar  dari lingkungan sekitarnya. Dalam projek penguatan ini, siswa memiliki kesempatan untuk mengupas dan memahami tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi dll., sehingga siswa bisa  melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut  sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Tema ini dapat berubah setiap tahunnya, ditentukan oleh pemerintah pusat (Kemdikbud) berdasarkan isu  yang diprioritaskan. Mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia  Nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak, secara umum ketentuan total waktu projek adalah  sekitar 20-30?ban peserta didik per tahun.

SDN Gaddong 2 terletak di Jalan Laiya, yang merupakan salah satu lokasi pusat perniagaan di Kota Makassar. Lokasi Sekolah berada di gang sempit dan pemukiman padat penduduk. Kalau Anda berkunjung ke sekolah ini, disarankan menggunakan kendaraan roda dua, karena kendaraaan roda empat tidak akan bisa masuk ke halaman sekolah karena pintu masuk cukup sempit. SDN Gaddong 2 dipimpin oleh Kepala Sekolah, Dra. Iis Yumirah, M. Pd. Pada tahun 2021, sekolah ini ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan sebagai salah satu sekolah penggerak Angkatan 1. Dalam mengimplementasikan program sekolah penggerak, SDN Gaddong2 didampingi oleh pelatih ahli dari LPMP Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Rudi Mansyur, M.Si. (Rudi