Guru
adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah (PP
Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru). Kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial,
dan kompetensi professional. Salah satu poin dalam kompetensi pedagogik adalah
“kemampuan memanfaatkan teknologi pembelajaran”. Sedangkan dalam kompetensi sosial
salah satu poinnya adalah “guru diharapkan mampu menggunakan teknologi
komunikasi dan informasi secara fungsional”.
Dengan merujuk pada regulasi tersebut,
tentunya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa guru memang dituntut untuk bisa
memanfaatkan teknologi informasi, dalam hal ini internet, dalam pembelajaran. Dengan mempergunakan internet sebagai media pembelajaran, maka guru dan siswa dituntut menjadi lebih kreatif
dalam mencerna materi dan mengolah pembelajaran.
Salah
satu media yang mengunakan teknologi informasi yaitu blog. Blog adalah
sebuah halaman web yang berisi tulisan pribadi atau kelompok yang diurutkan berdasarkan
kronologis waktu dan memungkinkan pengunjungnya untuk memberikan
komentar. Blog dapat dimanfaatkan sebagai hypermedia pembelajaran sebagai upaya
untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.
Berkaitan dengan hal tersebut, artikel ini
dibuat dengan harapan dapat dijadikan sebagai panduan bagi guru dan tenaga kependidikan untuk membuat
dan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran
Pemilihan Media Pembelajaran
Langkah
awal dalam penentuan sebuah media pembelajaran adalah melakukan analisis
kebutuhan media. Guru dapat melakukan identifikasi dan membuat daftar kebutuhan
berdasarkan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Kebutuhan akan sebuah media
pembelajaran juga bisa lahir dari RPP yang sudah dibuat guru sebagai
perencanaan proses pembelajaran.
Penggunaan Blog dalam Pembelajaran
Sebelum lebih jauh memanfaatkan blog, ada
baiknya jika kita mengenal lebih dulu apa itu blog. Blog adalah
sebuah website yang ditulis sesuai dengan kronologi waktu, lalu ditampilkan
secara terbalik dari kronologi penulisan (maksudnya tulisan yang lebih
baru akan muncul di atas tulisan yang lebih lama). Isi blog tidak harus berupa
tulisan, tapi juga bisa gambar dan/atau video. Selain itu, di setiap blog
biasanya juga terdapat fasilitas komentar yang memungkinkan terjadinya
komunikasi, diskusi, atau bahkan debat antara pengunjung blog dengan pemilik
blog atau antar pengunjung blog itu sendiri tentang tulisan yang ada di blog
tersebut.
Di dalam blog terdapat fitur-fitur
yang dapat mendukung kegiatan penggunanya. Kita
akan membahas lebih lanjut fitur-fitur tersebut dalam pembahasan selanjutnya
tentang cara pembuatan dan pemanfaatan blog.
1. Cara membuat blog untuk guru
Panduan ini akan memandu pembuatan blog
guru dengan menggunakan engine blogger (http://blogger.com), di mana untuk
mengaksesnya dipersyaratkan seseorang harus memiliki akun (account) email aktif
di Google (gmail.com). Langkah-langkah pembuatan blog dengan menggunakan engine
blooger adalah sebagai berikut:
a. Buka laman http://blogger.com
Klik
“Create Your Blog”
b. Login dengan
menggunakan akun google anda
c. Buat profil yang akan
ditampilkan di blog anda, bisa dengan menggunakan profil pada akun google, bisa
juga dengan membuat profil terbatas.
d. Selanjutnya klik
tombol “Buat Blog Baru” untuk mulai membuat blog anda
Jika
langkah ini sudah selesai, maka anda sudah memiliki blog baru. Selanjutnya
adalah menghias dan mengelolanya.
2. Cara mengelola menu blog guru
a. Mendesain template
-
Untuk mengatur background tampilan
blog, pilih salah satu template/tema yang ada kemudian klik “Sesuaikan”
-
Tab menu Latar Belakang memungkinkan kita untuk memilih gambar latar
belakang sesuai selera. Pilih gambar latar yang diinginkan. kemudian klik
“Selesai”
-
Pilihan tab menu Tata Letak mengatur tata letak isi dan tata letak kaki (header)
sesuai kebutuhan.
-
Pada tab menu Lanjutan kita dapat mengatur font
(bentuk huruf), warna tulisan, ukuran huruf pada judul blog, deskripsi, sampai
judul postingan.
Setelah
semuanya selesai klik “Terapkan ke Blog”
3. Mengelola blog sebagai media
pembelajaran
Setelah blog siap, selanjutnya adalah
mengisi blog tersebut dengan materi pelajaran, baik berupa artikel, gambar,
video dan lain-lain kemudian mempublikasikannya. Cara mengisi dan
mempublikasikan materi adalah sbb:
· Login di blogger.com
menggunakan akun google anda, klik tombol Entri
Baru
· Tuliskan judul
postingan, isi postingan, beri label/ kategori postingan. Klik Publikasikan
· Untuk mengunggah
gambar, klik ikon Insert Image
Setelah
gambar berhasil diunggah, kita dapat mengatur ukurannya dengan memilih menu
yang ada di bawah gambar dan mengatur tata letaknya untuk memperindah tampilan.
· Kita juga bisa
mengunggah video ke dalam blog, baik itu video yang ada dalam komputer dalam
bentuk file maupun video dari youtube.
Siapkan
link youtube, klik entri baru, tulis judul postingan, kemudian klik ikon insert a video. Pada jendela Add a video, klik From Youtube, tempelkan link yang sudah disalin, klik video yang
tampil, klik tombol pilih.
Sedangkan
jika video tersebut berasal dari file pada computer kita, kita tinggal memilih Upload, kemudian pilih video yang akan
dimasukkan dari penyimpanan file, setelah video terunggah, klik Pilih.
· Untuk tampilan yang
lebih bagus, sebuah artikel dapat dipenggal. Pemenggalan ini menyebabkan sebuah
artikel tidak tampak seluruhnya melainkan hanya bagian awalnya saja. Cara
memenggal paragraf adalah dengan mengklik Insert
Jump.
· Kita juga dapat
menghubungkan blog kita dengan laman lain di internet dengan cara membuat link
pada postingan kita. Caranya: blok teks yang akan dilink, kemudian klik ikon
bertuliskan Link. Setelah itu temple
alamat link yang diinginkan.
· Pada blogger.com juga
terdapat fitur Gadget. Pengertian gadget pada blogger.com adalah adalah kumpulan
elemen atau fitur yang disediakan dengan tujuan untuk mempercantik blog dan
memudahkan pengunjung memahami isi blog kita.
Untuk menambahkan gadget klik menu Tata
Letak kemudian pilih Tambahkan Gadget.
Pilih gadget sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Simpan.
4. Menyisipkan soal online ke dalam blog
Jika blog sudah siap dan sudah
dipercantik, selanjutnya adalah mengisi blog dengan materi pelajaran. Guru
dapat mengisinya dengan materi-materi yang ada dalam RPP yang tentu saja tidak
ketinggalan soal-soal evaluasi.
Untuk soal evaluasi siswa, kita dapat
mengisinya dengan soal online dari Google Form sehingga siswa dapat mengisi
langsung dan kita dapat memeriksa hasilnya. Dengan demikian guru dapat
mengetahui perkembangan pengetahuan siswa berdasarkan hasil pembelajarannya.
Soal dari Google Form yang sudah siap
dimasukkan ke dalam blog dengan jalan memasukkan link-nya.
Setelah mampu membuat blog
sendiri kemudian mengisinya dengan materi pelajaran, maka guru tidak bisa
berhenti dan cepat puas dengan satu materi saja. Blog akan semakin menarik jika
kita rajin meng-update informasi yang ada di dalamnya. Siswa juga tidak
akan membuka konten negative jika kita memperbanyak konten-konten positif di
internet. Menjadikan blog sebagai media pembelajaran yang bisa diakses siswa
adalah salah satu upaya mengarahkan siswa untuk menggunakan internet/teknologi
dengan benar.
Pengendalian blog dapat
dilakukan dengan membuat jadwal pengendalian blog berupa jadwal update materi
baru, jadwal kunjungan siswa, jadwal pengerjaan soal-soal evaluasi bagi siswa
dan lain sebagainya. Contoh jadwal pengendalian:
Contoh
table pengendalian media blog
Kegiatan |
Pekan ke- |
|||||||
Juli 2022 |
Agustus 2022 |
|||||||
I |
II |
III |
IV |
I |
II |
III |
IV |
|
Memasukkan Materi (sesuikan dengan KD) |
|
|
|
|
|
|
|
|
Kunjungan siswa di blog |
|
|
|
|
|
|
|
|
Diskusi siswa di ruang kelas tentang materi yang sudah
dipelajari di blog |
|
|
|
|
|
|
|
|
Memasukkan soal evaluasi sesuai dengan KD yang telah
dipelajari |
|
|
|
|
|
|
|
|
Kunjungan siswa untuk mengerjakan soal evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
Memasukkan Materi (sesuikan dengan KD) |
|
|
|
|
|
|
|
|
Kunjungan siswa di blog |
|
|
|
|
|
|
|
|
Diskusi siswa di ruang kelas tentang materi yang sudah
dipelajari di blog |
|
|
|
|
|
|
|
|
Memasukkan soal evaluasi sesuai dengan KD yang telah
dipelajari |
|
|
|
|
|
|
|
|
Kunjungan siswa untuk mengerjakan soal evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
Didalam blog, siswa dan guru
juga dapat berinteraksi. Siswa dapat memasukkan pertanyaan di kolom komentar
dan guru bisa langsung menjawabnya. Jadwal dibutuhkan agar supaya interaksi
guru dan siswa bisa berlangsung pada waktu bersamaan sehingga siswa tidak perlu
terlalu lama menunggu respon dari pertanyaan yang mereka ajukan. Demikian juga
dengan soal evaluasi, sebaiknya ada waktu pemasukan tanggapan sehingga
pelaksanaan evaluasipun berlangsung efektif.
Setelah mempelajari dan
mempraktikkan sendiri pembuatan dan pemanfaatan blog, kita dapat mengetahui
manfaat blog dalam pembelajaran yaitu sebagai:
1.
Alat bantu
untuk memasukkan bahan ajar dan
meningkatkan pemahaman siswa pada saat
guru menyampaikan pelajaran.
Dalam hal ini media digunakan guru sebagai alat bantu penjelasan verbal
mengenai materi pembelajaran.
2.
Alat untuk
mengangkat atau menimbulkan
persoalan untuk dikaji
lebih lanjut dan dipecahkan oleh para peserta didik dalam proses
belajarnya. Paling tidak guru dapat menempatkan media sebagai bahan pengamatan
dan sumber pertanyaan atau stimulasi belajar peserta didik.
Sebagaimana lazimnya suatu
program yang berkaitan dengan pembelajaran, pengelolaan blog sebagai media
pembelajaran ini juga perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara
terus-menerus dan berkesinambungan. Hal ini perlu dilakukan mengingat pentingnya
penggunaan teknologi dalam mengembangkan pengetahuan faktual dan keterampilan
proses.
Monitoring bertujuan untuk
mengetahui perkembangan pengelolaan dan pemanfaatan blog guru, apakah sesuai
dengan yang direncanakan atau tidak, sejauh mana kendala dan hambatan ditemui,
dan bagaimana upaya-upaya yang sudah dan harus ditempuh untuk mengatasi kendala
dan hambatan yang muncul selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media
blog. Monitoring sekurang-kurangnya dilaksanakan satu kali dalam satu tahun
oleh pihak sekolah dan Pengawas Sekolah/Pengawas Mata Pelajaran.
Kegiatan evaluasi pada dasarnya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh guru dalam menggunakan media blog. Kegiatan evaluasi ini dilakukan pada waktu akhir tahun kegiatan/akhir tahun ajaran.
Pemilihan
blog sebagai media pembelajaran harus disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan berdasarkan efektifitasnya. Blog yang
dibuat harus disesuaikan
dengan silabus, rencana
pembelajaran dan pendekatan
saintifik.
Hal-hal yang harus
diperhatikan dalam pemilihan blog sebagai media pembelajaran antara lain
adalah: karakteristik peserta didik, integrasi pendidikan karakter, dan
ketersediaan internet. Pembuatan dan
pengembangan blog sebagai media pembelajaran
dapat disusun berdasarkan
mata pelajaran, kelas/semester, kompetensi dasar, indikator
pencapaian kompetensi, cara pembuatan, dan cara penggunaan blog yang telah dibuat. (Mi'radiyah)